Dalam suatu hal kegiatan penjualan,pasar biasanya memberikan penjualan berupa produk yang umumnya diminati oleh kalangan orang dengan harga - harga yang bervariatif. Kemudian dengan semakin banyaknya pasar,maka semakin besar pula persaingan antar pasar. Selain menjual barang,pasar juga menjual suatu jasa seperti jasa pengiriman barang,manufaktur,rektail dan lain - lain.Kesamaan dari tiga tersebut yaitu Perkembangan suatu pasar tidak bisa luput dari perkembangan teknologi.ekonomi,sosial,dan kebutuhan dari konsumen itu sendiri.Dan karena perkembangan - perkembangan tersebutlah pasar menjadi suatu peluang,usaha,maupun ancaman - ancaman yang tak terduga sehingga menimbulkan suatu persaingan. sehingga dapat disimpulkan,dalam analisa situasi pasar,yang dapat mempengaruhi perkembangan suatu pasar yaitu :
-Analisa Konsumen
Permintaan / kebutuhan konsumen sangatlah penting untuk pasar dalam menjual suatu produk.
-Analisa proses pembelian produk
Konsumen mencari suatu produk yang benar - benar dibutuhkan olehnya.contoh: seseorang yang sedang sakit batuk,maka dia akan membeli suatu produk berupa obat batuk untuk menyembuhkannya.
-Analisa persaingan
Contohnya penjualan produk obat flu dengan merek dan kualitas yang berbeda.jika konsumen sudah merasa cocok dengan produk tersebut,maka konsumen akan terus membeli produk tersebut jika saat kebutuhannya tiba.
-Analisa struktur distribusi
Jika pendistribusian di suatu pasar baik dan terkontrol,maka perusahaan tersebut dapat berkembang dengan baik.
-Analisa lingkungan mikro
lingkungan mikro adalah lingkungan di luar suatu perusahaan yang sangat berpengruh untuk perkembangan bisnis dari suatu pasar tersebut.lingkup - lingkupnya itu biasanya mencakup banyak.baik dari keadaan atau faktor alam yang terjadi,perkembangan teknologi,ekonomi,politik, dan juga hukum.
Analisa situasi pasar
09.07 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar