Dalam suatu kegiatan pasar,biasanya selalu terdapat persaingan antara pasar yang satu dengan yang lainnya.Hal ini memang sering terjadi agar konsumen yang ditawarkan bisa membeli produk dari salah satu pasar tersebut.persaingan tersebut dapat meliputi:
*persaingan merk
*persaingan jenis dan bentuk produk
*persaingan generik
*persaingan geografi
Biasanya persaingan ini terjadi karena beberapa pasar menjual produk yang fungsinya sama dengan yang dibutuhkan oleh konsumen.Contohnya obat batuk.Di indonesia banyak sekali berbagai macam produk ini untuk mengobati konsumen yang mengalami sakit batuk.karena kondisi tersebut,akhirnya suatu pasar berhasil membuat suatu produk obat batuk yang dibuat olehnya.kemudian produk tersebut dijual agar para konsumen yang membutuhkan obat tersebut membelinya.tetapi karena adanya pasar yang menjual produk tersebut,akhirnya beberapa juga mengikuti pasar tersebut yaitu memproduksi dan menjual obat batuk.pasar yang menjual ini,menawarkan harga yang bisa dibilang murah atau semua konsumen di kalangan apapun dapat mampu membelinya.kegiatan ini juga bisa dilakukan melalui iklan suatu media baik itu koran ataupun televisi.misalkan ketika kita sedang menonton tv,terdapat iklan obat flu "A" dimana tayangan tersebut membandingkan obat flu lain dengan bahasa yang menunjukkan bahwa obat itu lebih baik daripada obat flu yang lain.atau juga bisa dilakukan dengan cara membuat gambar produk lain tersebut dengan memburamkan gambar tersebut sehingga tidak ketahuan produk apa yang dijadikan sebagai pembanding dari produk sebelumnya.tetapi dalam suatu persaingan ini,yang benar - benar menentukan sebenarnya adalah kualitas dari produk tersebut.kadang ada beberapa produk yang dijual murah,namun memiliki kualitas yang tidak baik.faktor ini bisa juga disebut kecocokan.misalkan ada konsumen A memakai produk B,namun belum tentu konsumen C cocok dengan produk B.mungkin bisa saja lebih cocok dengan produk D atau yang lainnya yang memiliki kualitas baik.karena itulah,suatu pasar harus bisa memiliki pendekatan dan penjelasan yang baik tentang produk tersebut agar para konsumen yakin dan percaya terhadap produk tersebut.sehingga dapat disimpulkan: dalam persaingan suatu pasar,pasar harus memiliki strategi yang baik agar produk yang dijual dapat diminati oleh konsumen untuk membelinya.kemudian harus memberikan pendekatan & penjelasan tentang struktur obat tersebut kepada konsumen baik fungsi maupun efek samping yang bisa dialami kepada konsumen agar konsumen juga merasa aman mengkonsumsi obat tersebut.
Analisa persaingan pasar Indonesia
02.50 |
Label:
persaingan pasar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar